Viral Sampah Menumpuk, Wabup Subandi Sidak TPST

by -361 Views

Sidoarjo- Pada hari ini Wakil Bupati H.Subandi bersama Camat Candi Luchman Sanjaya, Kepala Desa Sugihwaras Syaifu dan Kepala DLHK Kabupaten Sidoarjo Bahrul Amig turun ke lapangan sidak TPST di Desa Sugihwaras terkait dengan viral adanya tumpukan sampah yang ada di tepi jalan.

Abah Subandi melihat secara langsung kondisi di lapangan dengan banyaknya tumpukan sampah yang ada di tepi jalan dan beliau berharap dengan sidak ini akan memberikan solusi untuk segera ditindaklanjuti.

“Tumpukan sampah ini menjadi masalah kita bersama bukan hanya masalah pemerintah saja akan tetapi semua harus bertanggung jawab, apalagi dengan adanya perda baru maka apa yang terjadi saat ini menjadi tanggung jawab bersama termasuk dari pihak Desa juga,”kata Subandi.

Pemerintah akan berupaya memberikan bantuan berupa alat untuk pemilah serta oven untuk mengolah sampah agar sampah bisa dikelolah dengan baik, mengingat di wilayah ini merupakan wilayah yang padat hunian jadi mengenai sampah harus benar-benar dikelolah dengan baik jangan sampai ada lagi sampah-sampah yang dbuang dipinggir jalan yang bisa menimbulkan bau yang menyengat sehingga mengganggu pengguna jalan karena mengganggu kesehatan

“Semoga setelah ini ada tindak lanjut dan juga tanggung jawab kepala desa dan juga masyarakat sekitar kepada lingkungannya masing-masing jangan sampai kondisi seperti ini segera diatasi dan tidak terulang lagi,” ujarnya.

Diketahui selama ini upaya mengangkutan sampah sudah dilakukan hampir setiap hari karena di ketahui telah ada 26 rate mengangkutan sampah ke TPA Jabon.

Kepada kepala desa sebagai pemimpin Desa bisa membangun komunikasi bersama warganya untuk mengatasi masalah sampah ini. Apalagi dari DLHK siap membantu dalam upaya mengelolah sampah, seperti memberikan sosialisasi dan pelatihan dalam pengolahan sampah.

Sementara itu kepala Desa Sugihwaras Syaiful menyampaikan bahwa TPST ini lokasinya sangat dekat dengan pemukiman warga, untuk itu pemerintah desa saat ini sedang berupaya merelokasi dengan memfungsikan TKD yang luasnnya 15.000 m2, selain membangun TPST yang baru juga dibangun Pasar Desa dan Kolam pancing. Dan walaupun untuk lokasi yang tidak terlalu jauh dari pemukiman, Kepala Desa mengatakan DLHK telah menyiapkan cairan fermentasi yang bisa mengghilangkan bau

“Dengan kunjungan Wakil Bupati ini saya semakin semangat dalam mengajak warga dalam mengelola sampah, saya akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat dengan bantuan DLHK, saya juga akan sangat berterima kasih dengan pemerintah yang akan mwmberikan bantuan alat pemilah dan pengoven sampah,” kata Syaiful.

Kepala Desa juga menyampaikan bahwa setiap 3x seminggu dilakukan melihahan sampah dan juga ada bank sampah yang telah dilakukan ibu-ibu warga desa di tiap-tiap RT. (GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.