Pemkab Sidoarjo Dorong Koperasi Sajikan Laporan Keuangan Barbasis Digital

by -209 Views

Sidoarjo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo mendorong koperasi naik kelas menjadi koperasi modern. Koperasi modern adalah koperasi yang tidak lagi membuat laporan keuangan secara manual tetapi memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

Melalui Dinas Koperasi dan UMKM Sidoarjo puluhan koperasi dihadirkan untuk mengikuti Diklat Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Digital dengan menggunakan aplikasi. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Luminor, Senin (6/6).

Diklat laporan keuangan secara aplikasi ini dilaksanakan mulai 6-8 Juni 2022 dibuka oleh Pj. Sekda Kabupaten Sidoarjo Andjar Sujadianto. Pesertanya sebanyak 70 koperasi yang menjadi binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sidoarjo.

Andjar menilai pelaksanaan diklat tepat sekali di tengah upaya Pemkab Sidoarjo dalam membangkitkan sektor perekonomian. Mengingat selama pandemi dalam kurun waktu 2020 dan 2021 kemarin mengalami kontraksi yang sangat luar biasa.

Tingkat pertumbuhan ekonomi sidoarjo yang selalu berada di atas Provinsi Jawa Timur dan tingkat nasional. Tetapi di tahun 2020 kemarin merosot tajam diangka 0,69, ditahun 2021 mulai naik diangka nol lebih, padahal di tahun 2019 terakhir pertumbuhan ekonomi Sidoarjo paling tinggi diangka 5,99,” jelasnya.

Andjar menambahkan, akibat covid 19 ini juga angka Pengangguran mengalami kenaikan yang cukup drastis. Di Tahun 2019 prosentase angka pengagguran Sidoarjo 4,72, ditahun 2020 diangka 10,90, dan ditahun 2021 turun diangka 10,87.

“Salah satu harapan kita adalah menumbuhkan koperasi yang berkualitas, salah satunya adalah dengan kegiatan semacam ini,” sambungnya.

Dari data Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sidoarjo, jumlah koperasi di Kabupaten Sidoarjo sebanya 1.475 koperasi. Prosentase koperasi yang aktif dan tidak aktif itu hampir sama.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sidoarjo Muhammad Edi Kurniadi menyampaikan, tujuan dari kegiatan diklat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan koperasi di Kabupaten Sidoarjo. Ini juga ada kaitannya dengan program pemerintah pusat untuk menciptakan koperasi modern.

“Tahun 2021 sebagai tahun replikasi pelayanan publik, pada intinya mempersiapkan diri mendorong koperasi menjadi koperasi modern sampai tahun 2022. Insyaallah tahun 2023 Kabupaten Sidoarjo telah siap melaksanakan koperasi modern,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa ciri koperasi modern salah satunya adalah bagaimana laporan keuangan ini bisa disajikan secara digital. (GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.