Korban Puting Beliang Segera Tertangani

by -193 Views

IDOARJO- Dalam waktu bersamaan, dua desa di Kecamatan Balongbendo diterjang angin puting beliung sore kemarin, Sabtu, (15/12). Desa tersebut Desa Bakung Pringgondani dan Desa Wonokarang. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah/BPBD Kabupaten Sidoarjo menyebutkan sekitar 30 rumah warga di dua desa tersebut mengalami kerusakan. Baik itu rusak kecil, sedang maupun berat.

 

Kemarin malam, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH menyempatkan diri melihat lokasi bencana. Ia datang didampingi Kepala Pelaksana BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito untuk melihat kondisi korban di dua desa tersebut. Desa pertama yang lihat Desa Bakung Pringgodani. Satu jam lebih orang nomer dua di Sidoarjo tersebut mengunjungi desa tersebut. Belasan rumah atapnya tersapu angin puting beliung. Tidak hanya atap rumah, pohon besar banyak yang tumbang akibat kencangnya angin.

 

Hal serupa juga dilakukan di Desa Wonokarang. Satu persatu ia melihat kondisi rumah yang tersapu angin. Ia juga sempat mengucapkan  keprihatinannya kepada pemilik rumah. Selain itu ia juga memberikan terpal kepada warga sebagai penganti sementara atap rumahnya yang ambruk tersapu angin.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin meminta kepada instansi terkait untuk segera mempercepat penanganan bencana tersebut. Apa yang harus ditangani pertama kali harus dilakukan. Seperti pendataan korban serta pembersihan atap rumah maupun pohon tumbang.

 

“Mulai besok saya berharap petugas dari BPBD dari PU sudah turun untuk melakukan tinjauan dan pendataan apa yang bisa diberikan secara cepat,”pintanya.

 

Ia meminta untuk segera mendata kerusakan rumah warga. Dari data tersebut Pemkab Sidoarjo akan segera mengirimkan bahan material untuk perbaikannya. Untuk rumah warga yang rusak berat, Pemkab Sidoarjo akan menghitungnya. Tim Pemkab akan dibantu oleh desa terdampak musibah agar hasilnya akurat. Ia sebutkan jumlah rumah warga yang rusak di dua desa tersebut hampir sama. Total semua 30 rumah di dua desa tersebut yang rusak.

 

“Kebutuhannya apa kita data, per rumah, kerusakaannya apa, barang-barang bantuan yang ada di BPBD akan segera kami berikan dengan cepat,”ucapnya.

 

Dalam kesempatan tersebut ia masih berucap syukur bencana angin puting beliung yang terjadi kali ini tidak banyak menimbulkan korban. Dampaknya tidak sebesar bencana yang sama yang pernah terjadi di Kabupaten Sidoarjo. Bencana kali ini hanya menyebabkan banyak pohon yang tumbang. Ia juga meminta kekompakkan warga yang dibantu relawan untuk bergotong royong membersihan puing-puing atap rumah maupun pohon yang tumbang. Ia meminta warga bersabar akan bencana tersebut. Ia juga berdoa agar tidak ada lagi bencana di Sidoarjo.

 

“Kita akan bergerak semuanya, saya berharap semua dinas juga demikian,”pintanya. (GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.