TP.PKK Kabupaten Sidoarjo Sosialisasikan Tanggap Covid-19 pada Kader TP.PKK Kecamatan

by -289 Views

SIDOARJO-Masih dalam rangka upaya pencegahan penyebaran virus Covid 19 dan juga sebagai aplikasi realisasi pelaksanaan Program kerja,  TP PKK Kabupaten  Sidoarjo Pokja IV menggelar Sosialisasi Satgas Covid-19 di Pendopo Kecamatan Candi dan Pendopo Kecamatan Tulangan, Senin 28/03/2022.

Kegiatan yang diikuti oleh pengurus TP.PKK Kabupaten dan perwakilan TP.PKK Kecamatan menghadirkan dr. M. Ato’ilah, MM. sebagai narasumber.

Selain memberikan edukasi dalam mengenal dan mencegah terjadinya penularan Covid-19 pada kesempatan ini juga mengajak tim penggerak PKK kecamatan untuk mengoptimalkan vaksinasi lansia yang pada saat ini masih 53 % selain itu juga pelaksanaan vaksinasi Booster.

“Seperti diketahui saat ini Indonesia belum dinyatakan covid 19 untuk itu pencegahan dengan menjaga prokes harus tetap dilaksanakan. Karena kita tidak tahu varian apalagi yang akan muncul setelah varian omicron selain itu kita harus selalu menjaga kesehatan, check up rutin”.katanya

Selain itu dokter yang pernah menjabat sebagai Kepala Puskesmas Sidoarjo ini menyampaikan  alangkah baiknya bagi ibu-ibu untuk bisa mengelolah strees agar tidak menurunkan imun sehingga mudah terpapar, selain itu juga bagi yang komorbit harus benar-benar bisa menjaga kondisinya, seperti menjaga hidup sehat dan juga vaksinasi.

Dalam menghadapi orang yang terpapar Covid-19 atau bahkan keluarga yang terpapar, jangan sampai terjadi kepanikan, lakukan isolasi mandiri ataupun isolasi di tempat yang sudah ditentukan dan laporkan pada RT/Tim Kesehatan agar mendapat pelayanan kesehatan, disamping itu juga dalam pemulasaraan jenazah Covid-19 jangan sampai menolak jenazah orang yang terpapar covid walaupun dalam pemulasaraan  jenazah harus dilaksanakakan oleh orang yang sudah mendapat edukasi tentang pemulasaraan jenazah penderita Covid-19.

Diakhir sesi ada tanya jawab yang terlihat peserta  begitu antusias dalam memberi pertanyaan, mulai dari bagaimana cara menggerakkan warga untuk mengikuti vaksinasi serta apakah ada vaksinasi untuk anak-anak balita seperti yang ditanyakan perwakilan Kader PKK dari Kecamatan Tanggulangin.
Begitupun saat dipendopo Tulangan juga tak kalah antusiasnya salah satunya  pertanyaan oleh Kader PKK Kecamatan Krembung bolehkah mengikuti imunisasi Booster apabila baru dapat 3 bulan setelah vaksin dosis 2 dan semua pertanyaan dijawab langsung oleh narasumber seperti bagaimana cara menggerakkan masyarakat untuk ikut vaksinasi dengan memberikan edukasi dan ajakan kepada warga untuk mengikuti vaksinasi serta vaksinasi bagi balita untuk saat ini belum ada. Sedang untuk pertanyaan selanjutnya untuk mengukuti dosis ke tiga yang sebelumnya 6 bln setelah dosis ke 2 namun pada saat ini sudah bisa dilakukan setelah 3 bulan dari vaksinasi dosis ke 2.( GUS )

No More Posts Available.

No more pages to load.