TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ajak Anggotanya Kembangkan Pangan Lokal

by -641 Views

Sidoarjo- TP-PKK Kabupaten Sidoarjo mengajak anggotanya untuk mengembangkan pangan lokal melalui pelatihan bisnis kuliner berbasis pangan lokal, Rabu kemarin, (11/11). Pelatihan dilakukan secara Daring di Comand Center Diskominfo Sidoarjo. Praktisi kuliner berbahan lokal ibu Liem Evy Hernawati dihadirkan sebagai narasumber pada kegiatan tersebut. Kegiatan kali ini juga diisi dengan gerakan menabung emas yang menghadirkan narasumber Deputy Bisnis PT.Pegadaian (Persero) Area Surabaya 2 H. Nurhayanto S.Pd, M.Si.

Dalam sambutannya Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny, Muzayyinningsih Hudiyono mengatakan usaha kuliner yang mengolah pangan lokal masih minim. Padahal Indonesia kaya akan pangan lokal. Ada ratusan jenis tanaman pangan di Indonesia. Hal tersebut menjadikan Indonesia nomor tiga terbesar di dunia dalam keanekaragaman hayati (biodiversity). Dirinya melihat hingga kini masih banyak masyarakat yang belum bergairah memanfaatkan potensi pangan lokal. Padahal usaha kuliner berbahan pangan lokal dapat menjadi peluang usaha sekaligus solusi di masa pandemi Covid-19. Para pemilik usaha jasa boga pun masih banyak yang belum tertarik memanfaatkan potensi pangan lokal untuk diolah menjadi makanan lokal khas daerah.

“Melalui webinar ini saya juga berharap akan membuat semua kader lebih bersemangat untuk berinovasi. Saya juga sangat berharap kepada narasumber kuliner yang sudah mempunyai pasar, untuk mau kolaborasi dengan kreasi pemula dari kader kader PKK di kabupaten ,”ucapnya.

Ny, Muzayyinningsih Hudiyono melanjutkan konsumsi pangan lokal sangat penting diterapkan mulai ditingkat keluarga. Oleh karenanya semua kader PKK diharapkan mengetahui tentang kuliner berbasis pangan lokal. Kedepan diharapkan juga kuliner berbasis pangan lokal dapat dikembangkan menjadi kuliner beragam, bergizi, seimbang dan aman. Dikatakannya Tim Penggerak PKK memiliki peran yang sangat strategis dalam pengembangan kuliner berbasis pangan lokal. Selain untuk menambah pendapatan keluarga, kuliner seperti ini juga diharapkan menyediakan kuliner beraneka ragam dan dapat meningkatkan pemenuhan gizi mikro di tingkat keluarga. Untuk itu dirinya berharap walaupun pelatihan kali ini tidak secara tatap muka dan praktek langsung, namun ibu-ibu diharapkan dapat mengaplikasikannya.

“Meski pelatihan kali ini tidak bisa diperagakan, namun kami berharap bisa menambah wawasan ibu-ibu bahwa kuliner berbasis pangan lokal bisa dijadikan peluang usaha yang bisa dilakukan di rumah dengan bahan baku yang mudah diperoleh dan bisa memacu konsumsi pangan lokal di tingkat keluarga,”ujarnya.

Dalam Webinar yang diikuti ibu-ibu ketua Tim Penggerak PKK kecamatan, desa/kelurahan se Kabupaten Sidoarjo tersebut istri Pj. Bupati Sidoarjo Dr. Hudiyono M.Si itu juga mengajak ikut dalam gerakan ayo menabung emas. Menariknya dalam Webinar kali ini semua pesertanya akan mendapatkan promo tabungan emas sebesar 0,01 gram emas dari PT.Pegadaian (Persero). Selanjutnya semua peserta dapat rutin menabung emas di perusahaan plat merah tersebut. Kedepan Ny, Muzayyinningsih Hudiyono berharap kerjasama TP-PKK Kabupaten Sidoarjo dengan PT. Pegadaian dapat terus berlanjut.

“Sekali lagi ayo kita ikuti gerakan menabung emas mulai hari ini,”ajaknya. (GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.