Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Wilayah Sidoarjo Utara, Wabup Sidoarjo Resmikan Puskesmas Tambakrejo Waru

by -555 Views

Sidoarjo.- Tingkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah Sidoarjo utara, Wakil Bupati Sidoarjo H.Subandi,SH resmikan UPT Puskesmas Tambakrejo, Kecamatan Waru. Senin (28/03/22). Pembangunan UPT Puskesmas Tambakrejo itu dibangun diatas lahan seluas 1600 meter persegi dengan luas bangunan 610 m2 dan selesai pembangunannya akhir tahun 2021 lalu.

Puskesmas Tambakrejo dilengkapi ruang IGD, ruang pemeriksaan umum dan ruang kesehatan ibu dan anak. Wabup Subandi menyampaikan, dengan diresmikan UPT Puskesmas di desa Tambakrejo ini adalah ujung tombak pelayanan kesehatan untuk masyarakat waru dan sekitarnya.

“Wilayah kecamatan Waru dengan jumlah penduduk 179.195 jiwa hanya dilayani oleh 2 puskesmas induk, yaitu Puskesmas Waru dan Puskesmas Medaeng. Dengan diresmikannya Puskesmas Tambakrejo sebagai puskesmas perkotaan non rawat inap pada hari ini, maka puskesmas Tambakrejo diharapkan dapat segera beroperasional untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di empat desa wilayah kerjanya,”ucap Subandi.

Puskesmas Tambakrejo ini adalah puskesmas ketiga yang aktif di wilayah Waru. Dibangunnya puskesmas tersebut untuk pemerataan pelayanan kesehatan bagi warga Sidoarjo terutama yang berdomisili di Waru dan sekitarnya.
“ Semoga bermanfaat bagi warga desa sekitar dan untuk saat ini upt puskesmas tambakrejo hanya melayani pasien rawan jalan bukan untuk pasien rawat inap,” harap Subandi.

Menurut Kadinkes dr. Syaf Satriawarman, puskesmas Tambakrejo sudah siap memberikan pelayanan yang mencakup empat desa, dengan total jumlah penduduknya 46.836 jiwa. “Di kecamatan Waru ini ada 3 puskesmas, dan puskesmas Tambakrejo ini adalah puskesmas ke-3 di Wilayah Waru dan merupakan puseksmas ke-30 dari Seluruh Puskesmas yang ada,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Syaf, terdapat 30 puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten Sidoarjo. dari jumlah itu, idealnya Sidoarjo memiliki 78 puskemas untuk mencover jumlah pendudukan Sidoarjo yang berjumlah kurang lebih 2 jutaan jiwa.

“Sekarang ini ada 30 puskesmas yang sudah berdiri. Proses penambahan terus secara bertahap dilakukan karena tidak mungkin bisa langsung membangun 78 puskesmas. Sambil meningkatkan sumber daya manusianya,” pungkasnya

Kepala Puskesmas Tambakrejo dr.Mukarini mengatakan, “untuk pemerataan kesehatan warga di lima desa diantaranya Tambakrejo ,Tambaksawah,Tambaksumur, Tambakoso dan Wadungasri bisa merujuk ke puskesmas Tambakrejo ini,”.

Hadir dalam acara peresmian UPT Puskesmas Tambakrejo dr.Syaf Satriwarman kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, Rudi Setiawan Camat Waru. Atok Irawan Kepala RSUD Sidoarjo, seluruh kepala Puskesmas dan beberapa kepala desa di wilayah Kecamatan Waru. (GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.