Teken Perjanjian dengan Kepala OPD, Bupati Muhdlor: Kinerja Lambat Langsung Kita Evaluasi

by -241 Views

 

Sidoarjo – Seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sidoarjo menandatangani perjanjian kinerja dan pakta integritas didepan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Penandatanganan yang dilakukan di pendopo Delta Wibawa tersebut disaksikan langsung oleh Ketua DPRD Sidoarjo, Usman dan disaksikan secara Daring oleh Koordinator Perencanaan Kinerja dan Anggaran Agustin Mutakim, Senin, (7/2).

Dalam sambutannya Bupati Muhdlor mengatakan penandatanganan perjanjian kinerja seperti ini bukan hanya acara seremonial setiap tahunnya. Namun seluruh kepala OPD diminta serius mewujudkan target kinerja yang sudah disepakati.

“Ini bukan seremonial belaka, akan ada follow up dan akan kami lihat kinerja kepala OPD seperti apa. Saya akan melakukan monitoring secara berkala terhadap target-target yang sudah ditetapkan. Jika kinerjanya lambat ya akan langsung dievaluasi,” ucapnya.

Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu mengatakan dalam mewujudkan visi tersebut disepakati dalam RPJMD Kabupaten Sidoarjo terdapat 5 misi yang didalamnya termaktub 6 tujuan dan 9 indikator kinerja utama. Seperti meningkatkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan tangkas berbasis digital serta pelayanan publik yang berkualitas yang mendukung kemudahan berusaha. Tujuan lainnya adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi inklusif melalui percepatan industri dan perdagangan serta mendorong potensi lokal melalui pengembangan usaha mikro, koperasi, pertanian dan perikanan. Selain itu tujuan lainnya adalah terciptanya lapangan kerja yang berdampak pada penanggulangan kemiskinan.

“Masing-masing tujuan tersebut sudah saya breakdown ke 30 indikator kinerja daerah dan 17 program prioritas daerah yang sudah saya bagi habis kepada perangkat daerah dan semuanya sudah ada target yang harus dicapai ditahun 2022 ini,” katanya

Sementara itu Koordinator Perencanaan Kinerja dan Anggaran Agustin Mutakim yang hadir secara virtual sebagai narasumber mengatakan target-target Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dapat dicapai melalui pelaksanaan program kegiatan yang dilakukan oleh seluruh OPD. Untuk mencapai target tersebut OPD diminta untuk bekerjasama dan bersinergi dengan OPD lainnya. Untuk itu seluruh kepala OPD diharapkannya berkomitmen untuk mencapainya.

“Mindset kita perlu diubah bahwa kita bekerja tidak semata-mata hanya untuk mencapai kinerja OPD masing-masing, tapi bagaimana menjamin kepastian tercapainya kinerja bupati, kinerja Kabupaten Sidoarjo tahun 2022,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut dibarengi dengan pemberian penghargaan bupati Sidoarjo kepada Kecamatan Tulangan atas integritas dan komitmen dalam kepatuhan pelaporan penerimaan gratifikasi tahun 2021. Penghargaan tersebut diserah langsung oleh bupati Sidoarjo kepada camat Tulangan sebagai peringkat pertama. Diperingkat kedua diberikan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sidoarjo. Selain juga diberikan penghargaan bupati Sidoarjo atas integritas dan komitmen dalam kepatuhan pelaporan benturan kepentingan tahun 2021 yang diberikan juga kepada Kecamatan Tulangan sebagi peringkat pertama. Di peringkat kedua diberikan kepada Inspektorat Kabupaten Sidoarjo. (GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.