SDN Sedati Gede 2 dan SMPN 1 Gedangan Ikuti Lomba Sekolah Sehat Berkarakter Propinsi Jatim

by -230 Views

SIDOARJO – Tim penilai Lomba Sekolah Sehat Berkarakter atau yang dikenal dengan lomba UKS/M Propinsi Jawa Timur lakukan penilaian di SDN Sedati Gede 2 dan SMPN 1 Gedangan, Kamis, (28/11). Sebelum penilaian di kedua sekolah tersebut tim penilai berkunjung ke Sekretariat Tetap/Sektap UKS Kabupaten Sidoarjo yang berada di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo. Ditempat tersebut mereka melihat seberapa jauh fungsi Sektap UKS Kabupaten Sidoarjo dalam menjalankan program UKS/M. Mulai dari administrasinya sampai sarana dan prasarana pendukung UKS ditanyakan langsung kepada petugas Sektap UKS Kabupaten Sidoarjo. Dalam kesempatan tersebut Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH.,M.Hum dam H. Nur Ahmad Syaifuddin SH ikut mendampingi tim yang dipimpin oleh Wahyu Parihin. Tampak pula Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Drs. Ec. Asrofi MM dan Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Ida Nur Ahmad Syaifuddin.

Saat tiba di Sektap UKS Kabupaten Sidoarjo, tim disambut oleh Polisi Cilik SDN Sidokepung Buduran. Tampilan senam cuci tangan juga ditunjukkan oleh SDN Cemengkalang Sidoarjo kepada tim penilai. Tidak hanya itu, sajian paduan suara dari SDN Pucang II Sidoarjo dibawakan dengan apik saat menyanyikan lagu UKS/M. Setelah itu tim penilai melihat Sektap UKS Kabupaten Sidoarjo. Usai berada di Sektap UKS Kabupaten Sidoarjo, tim yang berjumlah 7 orang dibagi menjadi dua. Tim pertama melakukan penilaian ke SMPN 1 Gedangan. Sedangkan tim kedua melakukan penilaian ke SDN Sedati Gede 2. Sebelum penilaian ke SMPN 1 Gedangan, Tim pertama yang diketuai oleh Wahyu Parihin juga melakukan penilaian ke Sektap UKS/M Kecamatan Gedangan yang berada di Kantor Kecamatan Gedangan. Di Sektap UKS/M Kecamatan Gedangan, tim disambut Paskibra SMP Dharma Wanita Persatuan Gedangan. Dalam kesempatan tersebut tim juga diajak senam bersama oleh siswa-siswi SMP Dharma Wanita Persatuan Gedangan dan ibu-ibu PKK Kecamatan Gedangan. Usai senam bersama, ikrar mendukung UKS/M dilakukan ibu-ibu PKK Gedangan serta seluruh kepala desa yang ada di Kecamatan Gedangan dihadapan tim. Selain itu ikrar juga dilakukan perwakilan PKL Kecamatan Gedangan untuk mensajikan makanan yang sehat.

Sementara itu Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap kedatangan tim penilai bisa memberikan motivasi dan semangat untuk meningkatkan peranan UKS/M di semua sekolah. Dikatakannya peranan UKS/M adalah upaya untuk membentuk siswa dan lingkungan sekolah yang sehat. Bupati katakan sehat dimulai dari diri sendiri. Untuk itu dirinya mengajak kepada semuanya untuk dapat memulainya dari sekarang.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan Kabupaten Sidoarjo telah berupaya keras dan berkelanjutan mewujudkan keberadaan UKS/M disetiap lembaga pendidikan. Pembinaan dan pengembangan UKS/M secara sistematis juga telah dilakukan disetiap sekolah. Dikatakannya peranan UKS/M sangat penting untuk mewujudkan generasi muda yang berperilaku hidup sehat. Baik sehat secara fisik maupun moral. Terbentuknya siswa yang sehat, bugar, cerdas, berbudi luhur serta peduli terhadap lingkungan adalah wujud keberhasilan UKS/M.

Ketua Tim penilai lomba Wahyu Parihin mengatakan ada 8 SMP di Jawa Timur yang masuk dalam penilaian Lomba Sekolah Sehat Berkarakter tahun ini. Salah satunya SMPN 1 Gedangan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Ada beberapa kreateria penilaian yang dilakukannya. Yang pertama adalah kebersihan lingkungan sekolah. Semua ruangan harus bersih. Ruang sekolah sampai gudang pun harus bersih. Penilaian kedua berada di ruang UKS. Apakah sarana prasaran ruang UKS tersebut terpenuhi. Dan yang ketiga adalah kantin sekolah sehat.

Wahyu juga mengatakan pencahayaan ruangan juga menjadi bahan penilaiannya. Pencahayaan disemua ruangan harus bagus. Ruangan harus terang tanpa lampu disaat siang. Tujuannya mengurangi pengunaan beban listrik.

“Semuanya harus murni cahaya, tidak boleh menyalakan lampu disiang hari,”ucapnya.

Wahyu sendiri mengatakan keberadaan program UKS/M dalam rangka meningkatkan kesehatan seluruh warga sekolah. Bahkan semua stakeholder juga menjadi sasarannya. Dikatakannya program UKS/M di Jawa Timur sudah berjalan baik. Semua kabupaten/kota sudah memiliki sekretariat tetap UKS/M. Usai melakukan peninjauan, Wahyu mengaku kaget dengan perkembangan SMPN 1 Gedangan. Tahun 2018 lalu dirinya sempat melakukan penilaian di sekolah SMPN 1 Gedangan. Saat itu kondisinya tidak seperti ini. Dirinya berujar perbedaannya sudah terasa sejak masuk gerbang SMPN 1 Gedangan. (GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.