Plt. Bupati H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH Buka Rapat Anggota Tahunan KPRI Delta Makmur

by -51 Views

SIDOARJO-KPRI Delta Makmur Sidoarjo kembali menyelenggarakan Rapat AnggotaTahunan (RAT) Tahun Buku 2019, Selasa (21/1) di Ruang Delta Graha Lt. 3 Kantor Sekretraiat Daerah Kabupaten Sidoarjo, rapat ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.
Seperti diungkapkan Sri Witarsi, SH, MH. Ketua KPRI Delta Makmur bahwa jumlah anggota koperasi sampai dengan akhir Tahun Buku 2019 sebanyak 3.227 orang dan jumlah ini berkurang dari jumlah sebelumnya karena adanya anggota yang sudah purna tugas, namun dengan berbagai upaya dilakukan oleh pengurus Koperasi untuk menambah anggota sehingga di Tahun Buku 2019 ini pula telah bertambah anggota baru yang kurang lebih 170 orang, hal ini tak lepas dari bantuan perwakilan SKPD yang mau mengajak PNS yang belum menjadi anggota koperasi untuk bisa menjadi anggota koperasi.
Perkembangan usaha KPRI Delta Makmur dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan salah satunya bisa dilihat dari peningkatan. total pinjaman yang telah di salurkan kpd anggota kurang lebih 21 M dalam tahun buku 2019. Terkait dengan aset atau modal dari KPRI Delta Makmur sampai pada Tahun Buku 2019 sudah mencapai 41.9 M hal ini merupakan kenaikan yang cukup signifikan dibanding dengan Tahun Buku 2018 hingga ada kenaikan kurang lebih 5.1 M.
Suatu hal yang merupakan wujud kemandirian dalam KPRI Delta Makmur yaitu bahwa kurang lebih sudah 5 tahun ini untuk permodalan sudah tidak menggunakan jasa pinjaman dari BANK, akan tetapi permodalan diperoleh dari simpanan pokok anggota,
“ Dan program kerja yang telah kami rencanakan di tahun 2020 yaitu bagaimana meningkatkan kesejahteraan dengan menurunkan jasa pinjaman yang semula 0.7 % menjadi 0.6 % serta untuk menunjang pelayanan yang cepat dan akurat terhadap anggota kami dimana kami telah menggunakan system program aplikasi akuntasi koperasi yang terintegrasi dengan semua unit layanan yang ada di KPRI Delta Makmur, sehingga sebagai wujudnya untuk saat ini segala bentuk transaksi di Delta Makmur sudah dalam bentuk non tunai sehingga lebih aman” ungkapnya

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Mohamad Edi Kurniadi, ST, MT pada kesempatan ini menyampaikan bahwa ada sekitar 34.000 koperasi yang ada di Jawa Timur, ada 1.425 koperasi tersebar di wilayah Sidoarjo, yang kesemuanya maju dan dapat berjalan dengan baik, hanya beberapa saja yang mengalami permasalahan dalam pengembangannya.
“Salah satu peran koperasi adalah membangun dan mengembangkan ekonomi anggota untuk itu saya berharap kepada seluruh anggota untuk bisa mengikuti setiap kali RAT diselenggarakan karena forum rapat ini merupakan forum untuk menentukan arah kebijakan koperasi kedepan dan karena Anggota koperasi merupakan pemilik dan pengguna jasa koperasi”. katanya

Plt. Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH yang membuka secara resmi rapat ini memberikan apresiasi yang luar biasa dengan apa yang sudah dilakukan KPRI Delta Makmur dengan dilaksanakan RAT pada awal tahun ini. hal ini merupakan nilai tambah sebagai bentuk tanggung jawabnya kepada seluruh anggota. Yang artinya koperasi Delta Makmur merupakan koperasi yang mempunyai usaha, tata kelola simpan pinjam yang bagus terkait dengan permodalan menejemen dan menjadi koperasi yang berjati diri. Disamping itu apresiasi tertinggi diberikan pula atas status sehat dan kompetensi yang telah dimiliki oleh pengelolanya.
Disamping itu Beliau juga menyampaikan bahwa di era globalisasi ini memang sangat diperlukan pengembangan-pengembangan khususnya di bidang ekonomi. Karena dengan adanya persaingan ekonomi yang luar biasa ini dituntut profesionalisme dan kualitas untuk meningkatkan usaha yang perekonomian untuk bersaing.
Koperasi harus lebih besar dan kuat karena koperasi sangat dibutuhkan pada era globalisasi yang penuh dengan persaingan ini, dan dengan kesadaran berkoprasi ini akan meningkatkan kesadaran menggunakan produk dalam negeri .
“ Kepada pengurus koperasi saya harap mempunyai inovasi-inovasi yang bagus, produk-produk apa yang perlu dtawarkan kepada anggota yang menjadi kebutuhan anggota begitu pula anggota harus taat dan tertip pada aturan dan bila perlu mengajak yang lain agar ikut berkoprasi, karena koperasi bukan berorientasi pada bisnis akan tetapi dari anggota oleh anggota dan untuk anggota” tambahnya

Dan pada kesempatan ini pula dengan didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo Drs. Ahmad Zaini, Plt Bupati juga mengambil salah satu kupon doorprice dan kemudian menyerahkan hadiah utama kepada anggota koperasi yang beruntung pada hari ini.(GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.