Peduli Kelestarian Alam dan Satwa Liar, Kwarcab Pramuka Sidoarjo Lepas Puluhan Burung

by -355 Views

SIDOARJO – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sidoarjo mengajak masyarakat untuk peduli bersama – sama menjaga kelestarian alam dan satwa liar dengan melepas puluhan burung di Alun – alun Sidoarjo, Selasa, (14/8). Pelepasan dilakukan setelah melaksanakan kegiatan Upacara dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke – 57 di Alun – alun Sidoarjo.

Sebanyak 1.500 peserta dan 500 undangan dari berbagai sekolah di wilayah Kabupaten Sidoarjo dilibatkan, mulai dari sekolah SD hingga SMU/SMK. Upacara dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Bimbingan Cabang (Mabicab) Pramuka Sidoarjo Saiful Ilah yang juga sebagai Bupati Sidoarjo.

Dalam sambutannya, Saiful Ilah menyampaikan bahwa gerakan pramuka menjadi “Rumah Kita Bersama” sesuai dengan harapan bangsa, dengan mengambil tema “ Pramuka Perekat NKRI” diusianya yang ke 57 tahun ini bahwa gerakan pramuka telah memberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa.

“Saya menghimbau kepada masyarakat khususnya para orang tua dan guru, agar tidak ragu – ragu untuk memberikan kesempatan sekaligus dukungan kepada putra – putrinya dalam mengikuti kegiatan ke Pramukaan di gugus depan masing- masing”, kata Saiful Ilah saat membacakan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault.

Pada kesempatan yang sama Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya kepada seluruh anggota pramuka Sidoarjo untuk bersama – sama peduli menjaga kelestarian alam dan satwa liar.

Nur Ahmad Syaifuddin yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Sidoarjo mengingatkan akan pentingnya menjaga keseimbangan alam, “ Peringatan HUT Pramuka yang ke 57 ini tadi kita melepas 57 burung derkuku, puluhan burung gereja dan burung emprit yang dibeli dari pasar burung, mereka dilepas agar bisa hidup kembali di alam bebas”, kata Nur Ahmad.

Pada kesempatan yang sama, penganugerahan tanda penghargaan Lencana Darmabakti kepada tiga anggota dewasa Gerakan Pramuka, antara lain Nur Ahmad Syaifuddin, Syamsul Huda dan Johanes Tri Siswoadji. Lencana Jasa Darma Bakti adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, milik, dana, dan fasilitas yang cukup besar, dan sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan.

Selanjutnya penganugerahan tanda penghargaan Lencana Pancawarsa Pramuka diberikan kepada 5 orang perwakilan anggota pramuka, mereka antara lain Imam Chambali, Aniswati, Fatoni, Muhammad, Zaim dan Suci Nur Amalia. Penghargaan ini diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus.

Usai menyerahkan penganugerahan penghargaan, Ketua Mabicab Saiful Ilah juga menyerahkan piala kepada para pemenang pada kejuaraan lomba peringantan HUT Pramuka ke 57, lomba gugus depan unggul tingkat SD juara I dimenangkan oleh SDN Grabagan Tulangan sedangkan juara II diraih oleh SDN Krian 3. Untuk lomba gugus depan unggul tingkat SMP juara I dimenangkan oleh SMPN 2 Sidoarjo dan juara 2 diraih oleh SMPN 1 Sukodono.

Untuk juara lomba foto penegak dimenangkan oleh Nilam Kumallah Anggraeni, lomba video video pendek dimenangkan oleh M. Ikhsanudin, juara lomba penggalang beraksi tingkat SD/MI kategori putri dimenangkan oleh SDN Pucang 2 dan sedangkan juara lomba penggalang beraksi tingkat SD/MI kategori putra dimenangkan oleh SMPN 2 Sidoarjo.

Sedangkan untuk lomba tatalaksana upacara kategori pemimpin upacara diraih oleh M. Yusuf dari Kwaran Candi. Di ujung acara, sebanyak 100 anggota Pramuka Penegak dari SMU Hang Tuah 5 Candi melakukan yel yel pramuka prestasi dihadapan para undangan,diantaranya Ketua DPRD Kabupatan Sidoarjo Sulamul Hadi Nurmawan, Wakapolresta Sidoarjo AKBP. Pasma Royce, Sekda Kabupaten Sidoarjo M. Zaini dan perwakilan dari Forkopimda Sidoarjo. (Gus)

No More Posts Available.

No more pages to load.