Indonesia Indicator: Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali Masuk Deretan Tokoh Politik Muda Terpopuler dan Tervokal Tahun 2022

by -16 Views

Sidoarjo- Rabu, (18/1/2023). Ahmad Muhdlor Ali politisi muda sekaligus Bupati Sidoarjo itu masuk dalam dereten nomor 6 dari 20 nama politisi muda terpegah (terpopuler) dan politisi muda tervokal tahun 2022. Sepak terjang politisi muda dengan usia di bawah 40 tahun itu selama Januari 2022 hingga Desember 2022 dicatat lembaga survei Indonesia Indicator. Hasilnya nama Ahmad Muhdlor Ali bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor termasuk politisi muda yang populer dengan jumlah ekspos pemberitaan maupun jumlah pernyataan yang dikutip media total sebanyak 17.601 pemberitaan. Indonesia Indicator juga mencatat tingkat kevokalan politisi muda Ahmad Muhdlor berada diurutan ke 7 dengan jumlah ekspos pemberitaan sebanyak 8.021 berita.

Politisi muda terpegah yang menduduki nomor 1 yakni putra Presiden Joko Widodo yang saat ini menjabat Wali Kota Surakarta (Solo) Gibran Rakabuming. Dari unggahan di akun twitternya @gibran_tweet ia memposting hasil survey Indonesia Indicator dalam Indonesia Recap 2022. Kepopuleran Gibran disusul Wali Kota Medan Muhammad Bobby Alf Nasution yang tak lain adik iparnya sendiri. Kemudian ada nama Taj Yasin Maimoen Wagub Jawa Tengah putra Syaikhona KH. Maimun Zubair berada di urutan ke 6 dan ada Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik juga masuk dalam jajaran politisi muda terpegah diurutan ke 11.
Ini

Sejak awal menjabat, Gus Muhdlor sudah menunjukkan komitmennya menata dan membangun Sidoarjo dari berbagai sisi. Ia kemudian menuangkan gagasan itu ke dalam 17 program prioritas yang telah dimasukkan dalam RPJMD tahun 2021 – 2026.

Dalam dua tahun terakhir sejak dilantik menjabat Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor langsung tancap gas bekerja menggerakkan roda birokrasi secara efektif dan tepat sasaran. Adapun program yang banyak menjadi perbincangan dan sorotan publik adalah terkait berbagai proyek pembangunan infrastruktur. Mulai dari infrastruktur kesehatan, pendidikan serta proyek infrastruktur jalan.

Sepak terjangnya dalam menggenjot pembangunan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Tren positif pembangunan menjadi alasan kuat bagi para investor untuk menentukan pilihan berinvestasi di kota Delta. Politisi muda yang juga putra Kyai Khos Sidoarjo Pengasuh Ponpes Progresif Bumi Sholawat Lebo Sidoarjo KH. Agoes Ali Masyhuri itu dinilai cerdik dan pandai dalam mengelaborasi birokrasi dengan stakeholder sehingga muncul kepercayaan publik akan adanya perubahan Sidoarjo yang lebih baik.

Menjaga Sidoarjo agar tetap kondusif, aman dan tertib serta mendorong menjaga kerukunan, guyub dan kompak terus didengungkan Gus Muhdlor setiap kali turun ke bawah. Bagi bupati alumni Fisip Unair Surabaya itu suksesnya pembangunan kuncinya ada pada kondusifitas wilayah.

Pengaruh tokoh muda kota Delta dalam dua tahun sejak dilantik 2021 begitu kuat dirasakan warga Sidoarjo. Pada bidang kesehatan saja ia sudah merealisasikan pembangunan RSUD Sidoarjo Barat, pada pelayanan dasar kesehatan masyarakat penambahan puskesmas baru sebanyak 5 unit. Kemudian dalam penguatan pelayanan dasar puskesmas ia tak segan melalukan supervisi langsung kepada seluruh kepala puskesmas. Perbaikan pelayanan juga dilakukan dengan membuka ruang selebar-lebarnya kanal pengaduan melalui call center 112 bebas pulsa.

Dan yang paling menjadi banyak perbincangan di masyarakat yakni masifnya proyek pembangunan jalan beton di desa-desa dan proyek jalan frontage road yang kehadirannya sudah lama dinanti publik. Selain itu, konsolidasi untuk percepatan pembangunan sejumlah proyek nasional ia tuntaskan dalam 2 tahun ini. Sehingga, tiga titik proyek nasional yang dibangun di Sidoarjo yaitu Flyover Aloha, Flyover JPL 64 Krian dan Flyover JPL 79 Tarik yang merupakan proyek strategis mengurai kemacetan itu bisa dengan cepat dimulai pembangunannya.

Sentuhan tangan dingin Gus Muhdlor dalam pengembangan UMKM kemanfatannya dirasakan puluhan ribu pelaku usaha kecil. Melalui program Kurda Sayang, program pinjaman modal usaha kredit dengan bunga sangat ringan hanya 3 persen pertahun mampu menyelamatkan ribuan UMKM dari ancaman krisis pandemi Covid-19. Jumlah kredit yang didisalurkan dalam kurun waktu 2021 – 2022 lebih dari Rp. 27 miliar. Program itu membawa dampak pada naiknnya pertumbuhan ekonomi Sidoarjo. Tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Sidoarjo diangka 4,21 persen naik signifikan dibanding pertumbuhan ekonomi tahun 2020 sebesar 3,69 persen.

Aksi tangan dinginnya tidak berhenti pada pembangunan fisik saja, sepanjang tahun 2022 program kerja Gus Muhdlor lainnya yang menyedot perhatian publik yakni bedah warung, bedah rumah serta program bantuan hibah modal usaha bagi kelompok perempuan. Lebih dari 2 ribu kelompok usaha perempuan berbasis RT telah mendapat bantuan modal usaha. Satu kelompok usaha minimal 5 orang perempuan dan maksimal 10 orang.

Pada bidang pendidikan, bupati muda itu terbilang progresif. Dalam dua tahun ini sudah menyiapkan 2 unit sekolah SMP Negeri baru. Bahkan satu sekolah baru saja diresmikannya. Sekolah itu yakni SMPN 2 Tulangan. Dan tahun 2023 ini pembangunan sekolah baru SMPN 2 Prambon bakal dimulai. Dengan dibangunnya 2 unit sekolah tingkat SMP itu kini setiap kecamatan dari total 18 kecamatan yang ada minimal telah memiliki 2 unit sekolah SMP Negeri.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para stakeholder. Terutama dari insan pers yang selama dua tahun ini telah mengawal program kerja dan kinerja Pemkab Sidoarjo dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan di RPJMD.

“Keberhasilan itu tidak akan bisa dicapai oleh kerja 1-2 orang saja, ini semua hasil kerja bersama. Kerja tim dan dukungan dari stakeholder penting sekali dalam kelancaran pembangunan. Kolaborasi masih akan menjadi panglima dalam membangun Sidoarjo ke depan,” tegas Gus Muhdlor. (GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.