H. Nur Ahmad Syaifuddin, S.H. : Menulis Local Content Saat ini akan Mengenalkan Peredaban Kita Dimasa Mendatang

by -485 Views

SIDOARJO  – Gerakan literasi di Kabupaten Sidoarjo terus digiatkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo. Seperti halnya yang dilaksanakan Dinas Perustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo pada pagi hari ini (22/10)  yakni pelatihan Penulisan buku Local Content Sidoarjo Tahun 2018 di Delta Graha  gedung Setda Kabupaten Sidoarjo, yang dibuka oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, S.H.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ir. Endang Soesijanti, M.Si selaku ketua panitia melaporkan bahwa kegiatan penulisan buku Local Content dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 22-23 Oktober 2018, dengan diikuti sebanyak seratus peserta dari perpustakaan Kecamatan, desa dan Forum Penulis Indonesia, pelajar, SMP, SMA dan Universitas, dengan mendatangkan narasumber dari Ikapi Jawa Timur.

Pada prinsipnya literasi itu tidak hanya membaca buku tetapi juga harus pandai menulis, karena dengan membaca dan menulis akan menimbulkan imajinasi yang luar biasa terhadap cerita – cerita yang kita harapkan muncul dari Kabupaten Sidoarjo. Kita berharap budaya apa saja yang ada di Kabupaten Sidoarjo silahkan ditulis supaya anak cucu kita kelak tidak hanya belajar dari budaya luar, tetapi juga belajar dari budaya lokal kita sendiri.

“Dengan dua hari pelatihan ini kami semua berharap akan muncul penulis – penulis yang mampu menulis dengan baik, mengingat sejak tahun 2015 Kabupaten Sidoarjo merupakan Kabupaten Literasi,” jelas Endang.

Wakil Bupati Sidoarjo sangat mendukung kegiatan penulisan local content ini, karena kegiatan ini sangat berarti sekali. Bisa kita bayangkan kalau saja pada saat ini tidak ada yang menulis, bisa jadi peradaban kita ke depan tidak akan ada yang tahu dan tidak akan dikenal, dan sejarah suatu bangsa bisa hilang karena tidak dibukukan dengan baik.

“Untuk itu kepada para generasi muda terutama yang mengikuti kegiatan ini untuk selalu menggali budaya lokal, dan sejarah Kabupaten Sidoarjo yang bagus yang bisa diketahui oleh kita semua sebagai penerus sejarah, yang nantinya akan menjadi gagasan / pemikiran yang menjadi trend serta karakter, “ungkap Cak Nur.(GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.