Dinas P3AKB Kab Sidoarjo Gelar Pembinaan Bagi PPKBD dan Sub PPKBD

by -478 Views

SIDOARJO-Dinas P3AKB menyelenggarakan Pembinaan Keluarga Berencana Bagi Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa dan Sub Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa tahun 2019 di Aula Kantor P3AKB, Kamis 10/10.

Kepala Dinas P3AKB dr. Ika Harnasti dalam laporannya menyampaikan bahwa Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga atau PKB PK selama ini tidak bisa lepas dari kerja keras dan peran serta seluruh pengelola pelaksana dan petugas di lapangan, petugas KB dan institusi masyarakat pedesaan atau IMP, IMP adalah ujung tombak yang sangat berkontribusi dalam mengelola program PKB di lapangan yang disebut sebagai PPKBD dan Sub PPKBD dan dengan perannya yang sangat strategis.

“Perhatian Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sangatlah besar, Hal ini terbukti dengan adanya kenaikan honor PPKBD dan Sub PPKBD yang terus meningkat, dengan adanya upaya ini untuk mengembangkan peranan aktif PPKBD dengan mendukung program kerja PKB di Kabupaten Sidoarjo, selain itu dengan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas PPKBD dan Sub PPKBD dalam menjalankan perannya sebagai pengelola dan pelaksana program PPKBD yang dinamis dan mandiri”.tandasnya

Pada kegiatan yang diikuti oleh PPKBD dan Sub PPKBD, koordinator penyuluh KB yang kurang lebih 160 orang ini dibuka secara langsung oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH.M.Hum.

Dalam Sambutannya Bupati menyampaikan perkembangan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang terjadi pada saat sekarang ini telah berdampak pada perubahan yang mendasar di masyarakat di mana program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga merupakan salah satu program unggulan dan upaya pembangunan secara kualitas dan kuantitas, sebagai pendukung keberhasilan program kependudukan Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga ditandai dengan penurunan laju pertumbuhan penduduk dan peningkatan kesadaran masyarakat tentang makna keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

“Kegiatan pembinaan ini dilakukan dalam upaya meningkatkan pengetahuan kemampuan dan motivasi bagi pembantu Pembina keluarga berencana dan Sub Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa untuk terus mensukseskan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.
Peran dari para kader adalah mendayagunakan keluarga dan masyarakat untuk bersama-sama bersinergi dengan program-program pembangunan pemerintah sehingga dapat dicegah terjadinya persoalan persoalan kependudukan. Selain itu saya mengharap agar institusi masyarakat pedesaan dapat meningkatkan kepedulian dan peran serta dalam mendukung suksesnya program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga di wilayah masing-masing”.katanya

Pada kesempatan kali ini Bupati menyerahkan sarana PPKBD kepada Ibu Ernawati PPKBD dari Desa Bangah Kecamatan Gedangan dimana peralatan itu terdiri atas kerja pakaian seragam PPKBD, satu stel rompi, topi, sepatu, Buku agenda, kalkulator dan payung kemudian penyerahan Alat Peraga dan Materi Penyuluhan Bina Keluarga Balita (BKB Kit) kepada Ibu Puji Astuti PPKD dari Desa Entalsewu Buduran, Penyerahan Alat Peraga dan Materi Penyuluhan Bina Keluarga Lansia (BKL) kepada Ibu Misna PPKBD dari Desa Gelam Kecamatan Candi dan selanjutnya Penyerahan Kelengkapan Laporan Gesitar (Gerakan Institusi Bangkit Sidoarjo) kepada Ibu Ani Sri Kartini Utami dari Desa Bulu Sidokare Kecamatan Sidoarjo srta yang terakhir penyerahan uang saku kepada pemenang Pemilihan Model Program KKB BKN tingkat Nasional Tahun 2019 atas nama Dita Yonawati Amd.Keb. Penyuluh KB Kecamatan Waru.

Setelah serangkaian acara pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Pembinaan Penguatan Gerakan Lini Lapangan dalam program KB PPK melalui Gesitar (Gerakan Institusi Bangkit Sidoarjo), kemudian yang terakhir persiapan pendataan keluarga dan pelayanan KB era JKN.(GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.