Bupati Beri Penghargaan Kepada OPD dan Desa dengan Nilai SAKIP Terbaik

by -362 Views

SIDOARJO – Berbagai cara dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo agar hasil evaluasi atas implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) mendapat nilai A (memuaskan). Nilai SAKIP Kabupaten Sidoarjo tahun 2017 mendapat nilai predikat BB (sangat baik) dari kementerian PAN RB. Tahun ini Bupati Saiful Ilah menargetkan nilai SAKIP Sidoarjo memperoleh nilai A.

Inspektur Kabupaten Sidoarjo Eko Udijono mengatakan, untuk bisa meraih predikat A, maka perlu dilakukan upaya yang menyeluruh, mulai dari tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga tingkat desa. OPD dan Desa harus mengoptimalkan penerapan anggaran berbasis kinerja dan organisasi berbasis kinerja.

” Implementasi akuntabilitas kinerja harus dilaksanakan menyeluruh sampai ke Desa, sehingga terwujud kinerja yang selaras antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Desa”, ujar Eko.

Lanjut Eko, ” maka perlu diselenggarakan “Penyerahan Penghargaan Implementasi SAKIP OPD dan Desa Dengan Akuntabilitas Kinerja Terbaik di Tahun 2018”,dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dari setiap Kepala OPD dan Kepala Desa dalam meningkatkan manajemen kinerja dan pelayanan publik”, ujarnya.

Berdasarkan hasil evaluasi internal implementasi SAKIP OPD yang dilakukan oleh inspektorat, di tahun 2018 ini ada 7 (tujuh) OPD yang mendapatkan nilai A, 22 (dua puluh dua) OPD mendapatkan nilai BB, dan 18 (delapan belas) OPD mendapat nilai B. Tahun ini ada peningkatan rata – rata nilai, dan sudah tidak ada lagi OPD yang bernilai CC, rata – rata mendapatkan nilai BB atau sangat baik.

Tujuh OPD yang mendapat nilai A (Memuaskan) antara lain, rangking pertama RSUD Sidoarjo dengan nilai 85.31, disusul oleh Badan Kepegawain Daerah (BKD) dengan nilai 80.94, Dinas Kesehatan dengan nilai 80.81, Badan Pelayanan Pajak Daerah nilai 80.29, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah nilai 80.08, disusul Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan nilai 80.05 dan yang terakhir Inspektorat dengan nilai 80.00.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengatakan, ” salah satu upaya peningkatan implementasinya, kita memberikan penghargaan kepada kepala perangkat daerah dengan nilai akuntabilitas kinerja terbaik, hal ini dilakukan untuk memicu motivasi dari kepala perangkat daerah dan camat untuk berlomba – lomba meraih kinerja terbaik”, ungkap Saiful Ilah usai menyerahkan penghargaan kepada kepala OPD dan Kepala Desa (Kades), Selasa, (11/12) di Pendopo Delta Wibawa.

“Semua ini dalam rangka untuk mewujudkan target – target saya yang tertuang dalam rpjmd kabupaten sidoarjo tahun 2016 – 2021, dimana saya menargetkan pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 nanti mencapai 5,85%, tingkat kemiskinan 6,34%, tingkat pengangguran terbuka (tpt) 5,19%, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 80,57%.”, ujar Abah Ipul sapaan akrab Bupati Sidoarjo.

Bupati melanjutkan, “selain itu, kita juga melakukan peningkatan akuntabilitas kinerja desa – desa di kabupaten Sidoarjo, sehingga diharapkan ada keselarasan pembangunan antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah desa. Kinerja desa yang tinggi tentunya akan mendukung kinerja kabupaten yang tinggi pula”, pungkasnya.

Dalam penilaian akuntabilitas kinerja pemerintah desa saat ini, penekanan penilaian pada dokumen yang dimiliki Pemerintah Desa yaitu RPJMDes, RKPDes tahun 2018, APBDesa tahun 2018, Laporan Pertanggungjawaban APBDes tahun 2017, LPPD tahun 2017, LKPPD tahun 2017, LPPD tahun 2017 dan keputusan Camat tentang evaluasi APBDes tahun 2017.

Tahun ini ada 13 desa yang mendapat penghargaan dari Bupati Sidoarjo, dari 13 desa tersebut 6 desa diantaranya mendapat predikat B (Baik) dan 7 desa mendapat predikat Cukup Baik. Ke enam desa yang mendapat predikat B (Baik) yakni Desa Bohar-Taman, Keper- Krembung, Pabean-Sedati, Gedangrowo-Prambon, Pekarungan-Sukodono dan yang ke enam desa Sumput-Sidoarjo. Sedangkan tujuh desa yang meraih predikat Cukup Baik, yaitu desa Dukuhsari-Jabon, Kragan-Gedangan, Dukuhtengah-Buduran, Sawocangkring-Wonoayu, Sedenganmijen-Krian, Sumorame-Candi dan yang ketujuh desa Medalem-Tulangan.

Dengan penilaian dokumen dari perencanaan sampai dokumen pelaporan maka akan terlihat akuntabilitas kinerja yang didalamnya terdapat pertanggungjawaban, transparansi, partisipasi, tertib dan disiplin anggaran.

Acara Penyerahan Penghargaan Implementasi SAKIP OPD dan Desa dengan Akuntabilitas Kinerja Terbaik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Tahun 2018 dihadiri seluruh Kepala OPD dan Kepala Desa berkinerja Terbaik di lingkungan pemerintah kabupaten Sidoarjo. Hadir sebagai narasumber, Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Didid Noordiatmoko. (GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.