Baznas Sidoarjo Salurkan 30 Ton Beras Zakat Fitrah, Gus Muhdlor : Sebagian Besar Dikumpulkan dari ASN

by -848 Views

Sidoarjo- Beberapa hari ini Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP keliling desa untuk menyalurkan beras zakat fitrah yang dikumpulkan Baznas Sidoarjo. Pada Ramadhan 1443 H tahun 2022 ini, Baznas Sidoarjo memperoleh kurang lebih 30 ton beras zakat fitrah dari masyarakat. Seluruh beras zakat fitrah itu sudah mulai disalurkan kepada kaum dhuafa mulai Selasa kemarin (26/4). Penyalurannya dilakukannya langsung oleh Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP disetiap kecamatan.

Setelah Selasa kemarin di Desa Mojoruntut Kecamatan Krembung, hari ini, Kamis (28/4), penyerahan beras zakat fitrah di lakukan di lima desa di Kecamatan Tarik. Diantaranya Desa Janti, Desa Banjar Ungu, Desa Kemuning dan Desa Kedung Bocok serta Desa Singgalih Kecamatan Tarik. Sedangkan Rabu kemarin, (27/4), bupati Sidoarjo yang biasa dipanggil Gus Muhdlor juga menyerahkan beras zakat fitrah ke Desa Grogol danTlasih Kecamatan Tulangan dan Desa Tanjekwagir Kecamatan Krembung.

Dalam kesempatan kali ini Gus Muhdlor didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Sidoarjo Kayan serta Kepala Dinas Sosial Asrofi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Mulyawan serta Plt.Kepala Dinas Kominfo Ahmad Misbahul Munir dan Plt Ketua Baznas Sidoarjo Ilhamuddin.

Gus Muhdlor menyampaikan beras zakat fitrah yang berhasil dikumpulkan oleh Baznas Sidoarjo sebagai besar diperoleh dari para ASN di lingkungan Kabupaten Sidoarjo. Selebihnya dari masyarakat.

“Semoga zakat ini dapat sedikit membantu kebutuhan jenengan,”ucapnya.

Gus Muhdlor juga mengatakan selain untuk menyalurkan beras zakat, kedatangannya juga untuk meninjau langsung pembangunan yang ada didesa. Selain itu, kedatangannya sekaligus untuk mengetahui permasalahan yang ada desa langsung dari warga. Seperti permasalahan jalan berlubang yang diungkapkan warga kepada dirinya. Menurutnya lewat cara seperti ini, penanganan permasalahan pembangunan yang ada didesa akan cepat terselesaikan.

“Nanti kita akan evaluasi bersama-sama dan akan kita tindaklanjuti langsung sesuai dengan aspirasi dibawah, tadi macam-macam aspirasinya, ada permasalahan jalan, KIS, PJU maupun masalah hama, ini akan kita collecting dan di coffee morning setiap kepala OPD hadir dan akan kita bahas bersama-sama dan saya yakin akan lebih cepat penanganannya,”sampainya.

Plt Ketua Baznas Sidoarjo, Drs. Ilhamuddin yang mendampingi Gus Muhdlor mengatakan pendistribusian beras zakat diprioritaskan di 6 wilayah kecamatan yang masuk data kantong-kantong kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo. Antara lain di Kecamatan Balongbendo, Tarik, Krembung, Tulangan, Jabon dan Kecamatan Gedangan. Sedangkan jumlah desa penerima beras zakat disetiap kecamatan berbeda-beda. Total keseluruhan 18 desa.

“Tiap desa kita berikan 300 kantong beras zakat fitrah. Tiap kantong beratnya 4 kg,” ucap Ilhamuddin usai mendampingi Gus Muhdlor menyerahkan beras zakat di balai Desa Singgogalih Tarik.

Ilhamuddin juga mengatakan pendistribusian beras zakat fitrah langsung dilakukan oleh petugas Baznas Sidoarjo ke balai desa setempat. Hal seperti ini telah dilakukannya sejak pandemi Covid-19. Langkah tersebut diambil untuk mencegah kerumunan masyarakat yang berdampak pada penyebaran Covid-19. Dan tahun ini penyerahan beras zakat fitrah disampaikan langsung oleh bupati Sidoarjo.

“Bila sebelumnya, pendistribusian masih dipusatkan pendopo Kabupaten Sidoarjo namun semenjak adanya Covid-19, pendistribusiannya dilakukan langsung di setiap desa, dan baru tahun ini pak bupati meyerahkan langsung kepada fakir miskin,”ujarnya.

Mantan Kabag Kesra Pemkab Sidoarjo itu mengatakan perolehan beras zakat tahun ini lebih banyak bila dibandingkan ramadhan tahun lalu. Oleh karenanya tahun ini jumlah beras zakat yang diterima setiap desa prioritas lebih banyak daripada tahun lalu. Tahun ini Baznas Sidoarjo mampu memberikan 300 kantong. Sedangkan pada tahun lalu hanya 100 kantong.

Ilhamuddin juga mengatakan Baznas Sidoarjo juga baru saja mendistribusikan bantuan berupa sarung dan uang kepada penjaga makam, penjaga masjid dan penjaga kantor desa. Selain itu bantuan itu juga diberikan kepada penjaga kantor kecamatan 2 orang dan penjaga kantor KUA 2 orang.

“Semoga bantuan yang kita salurkan bagi warga Sidoarjo ini bisa bermanfaat bagi mereka saat merayakan hari raya Idul Fitri 1443 H,”sampainya. (GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.