Anggota PKK Se Kabupaten Sidoarjo mendapatkan Wasbang dan Bela Negara

by -221 Views

SIDOARJO- Sosialisasi Wawasan Kebangsaan/Wasbang dan Bela Negara di gelar TP-PKK Kabupaten Sidoarjo di pendopo Delta Wibawa, Rabu, (17/7). Lebih kurang 250 orang anggota PKK kecamatan, desa dan kelurahan hadir pada kegiatan tersebut. Anggota Kodim 0816 Sidoarjo dihadirkan langsung sebagai pemateri. Sosialisasi tersebut dibuka oleh Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Ida Nur Ahmad Syaifudin.

Hj. Ida Nur Ahmad Syaifudin menyampaikan bela negara bagi perempuan sangat urgensi diterapkan saat ini. Perempuan adalah penyokong keutuhan bangsa dalam hidup beriklim berdemokrasi. Dirinya katakan perempuan sebagai warga negara pasti memiliki sikap dan prilaku mencintai NKRI.

Istri Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH tersebut mengatakan setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk melakukan bela negara. Tidak terkecuali bagi perempuan. Hak dan kewajiban tersebut memiliki tanggung jawab yang melekat pada setiap warga negara. Menurutnya kader PKK memiliki peran penting dalam bela negara. Peran tersebut tercermin dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Ibu-ibu harus memiliki kesadaran hak dan kewajiban bela negara dan ikut serta menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI dari berbagai ancaman dan ganguan dari dalam maupun dari luar,”ucapnya.

Lebih lanjut Hj. Ida Nur Ahmad Syaifudin mengatakan kaum perempuan memiliki posisi strategis dalam usaha bela negara. Oleh karenanya kaum perempuan sudah sepatutnya memiliki kesadaran bela negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kesadaran tersebut diawali dengan pemahaman akan wawasan kebangsaan. Dikatakannya, wawasan kebangsaan sebagai suatu cara pandang untuk melihat bangsa dan negara sebagai satu kesatuan yang utuh dalam suatu landasan ideologi Pancasila.

“Sebagai seorang perempuan, sebagai calon ibu dan ibu yang akan melahirkan generasi bangsa dapat memberikan kontribusi positif dalam kelangsungan kehidupan bangsa dan Negara Indonesia,”ucapnya.

Diakhir sambutannya Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Ida Nur Ahmad Syaifudin menginginkan kaum perempuan dapat memperkuat partisipasinya dalam bela negara. Partisipasi bela negara dapat dilakukan dalam berbagai bidang pembangunan. Mulai bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, ketahanan dan keamanan.

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan wahana strategis dalam membentuk watak dan mental kaum perempuan yang kuat sebagai modal membangun bangsa dan negara,”pungkasnya.

Serma Sutrisno dari Kodim 0819 Sidoarjo bangga terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut. Baru kali ini dirinya memberikan materi kepada peserta yang seluruhnya perempuan. Menurutnya hal tersebut menunjukkan bahwa ibu-ibu PKK ikut andil dalam menjaga dan mempertahankan NKRI. Serma Sutrisno mengatakan ada tiga hal untuk memahami apa itu Wasbang. Tiga hal tersebut yakni rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan.

“Dari kita memiliki rasa kebangsaan, paham kebangsaan, semangat kebangsaan merupakan salah satu wujud bela Negara,”. (GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.