862 Orang Anak Ikuti Seleksi Paskibra Kabupaten Sidoarjo

by -67 Views

SIDOARJO – Seleksi anggota Paskibra Kabupaten Sidoarjo dimulai hari ini, Senin, (18/3). Ada 862 orang pelajar yang ikut dalam seleksi tahun ini. Mereka siswa siwi SMA sederajat yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Sebelumnya, pendaftaran anggota Paskibra Kabupaten Sidoarjo telah dibuka selama satu bulan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo. Yakni tanggal 15 Februari sampai 15 Maret 2019.

Pagi tadi, seleksi anggota Paskibra Kabupaten Sidoarjo digelar dihalaman gedung Tenis Indoor GOR Sidoarjo. Pembukaannya melalui upacara yang dipimpin oleh Sekda Sidoarjo Drs. H. Achmad Zaini, MM. Dalam sambutannya Sekda Sidoarjo mengatakan menjadi anggota Paskibra adalah suatu kebanggaan. Pasalnya tidak semua anak dapat menjadi pasukan pengibar bendera. Hal tersebut terbukti pada seleksi seperti ini. Tidak sampai 10 persen dari peserta seleksi yang akan diterima. Hanya 78 orang anak yang akan dipilih untuk menjadi anggota pengibar bendera merah putih pada peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini.

“Korps Paskibra ini prestisius karena tidak semua generasi muda bisa mendapatkan kesempatan menjadi anggota Paskibra,”ucapnya.

Sekda Sidoarjo H. Achmad Zaini juga menyatakaan kebanggaannya atas prestasi anggota Paskibra Kabupaten Sidoarjo. Pada tahun 2015 lalu, salah satu anggota Paskibra Kabupaten Sidoarjo terpilih menjadi anggota Paskibraka Istana. Dan setiap tahunnya anggota Paskibra Kabupaten Sidoarjo selalu terpilih menjadi anggota Paskibra Propinsi Jawa Timur. Ia berharap tahun ini hal tersebut dapat kembali terulang.

“Jadi adik-adikku ada kesempatan untuk terpilih ditingkat nasional dan propinsi, tolong kalau nanti terpilih menjadi anggota Paskibra nasional maupun propinsi, jaga nama baik pribadi, keluarga maupun Pemerintah Kabupaten Sidoarjo,”pesannya.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo Drs. Djoko Supriyadi mengatakan ada beberapa tahapan seleksi yang akan ditempuh peserta. Seleksi tahap pertama meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan serta pengetahuan tentang PBB (Peraturan Baris Berbaris). Pada tahap kedua seleksinya meliputi tes kesamaptaan atau kesiapsiagan serta tes kebugaran jasmani, fisik dan PBB. Tes tersebut dilakukan pada tanggal 19 Maret 2019.

Selanjutnya ujar Djoko, peserta yang berhasil melewati seleksi tahap pertama dan kedua akan dilakukan seleksi kembali. Pada seleksi tahap ketiga, akan dilakukan tes pengetahuan umum, wawasan kebangsaan, uji bakat, fisik dan PBB. Tes seleksi ketiga digelar tanggal 20 Maret 2019.

“Pada seleksi tahap pertama nanti akan dipilih 200 peserta, tahap ketiga 100 peserta dan terakhir final dipilih 78 peserta untuk menjadi anggota Paskibra Kabupaten Sidoarjo tahun 2019,”ucapnya. (GUS)

No More Posts Available.

No more pages to load.