324 CJH Sidoarjo Diberangkatkan merupakan kloter terakhir 

by -639 Views

SIDOARJO -Sidoarjo-Kloter (Kelompok Terbang) 85 menjadi Kloter terakhir bagi Calon Jamaah Haji (CJH) asal Sidoarjo yang berangkat ketanah suci Mekkah. Pagi tadi, 324 CJH di Kloter tersebut dilepas keberangkatannya oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah S.H.,H.Hum di pendopo Delta Wibawa, Senin, (5/8).
7 bus gratis disediakan Pemkab Sidoarjo untuk mengantarkan para tamu Alloh tersebut ke asrama haji embarkasi Sukolilo Surabaya. Rencananya Kloter tersebut terbang hari ini juga, pukul 24:00 WIB melalui bandara Juanda Surabaya yang berada di Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap CJH nantinya dapat menjalankan ibadah haji dengan ikhlas dan sabar. Dirinya juga berdoa agar CJH nantinya diberikan kemudahan-kemudahan oleh Allah SWT dalam menjalankan serangkain ibadah hajinya.

“Baik rukun, wajib maupun sunnah-sunnahnya terutama ketika melakukan rangkaian ibadah di Armina (Araffa, Musdaliffa, Mina) dapat dilakukan dengan lancar sehingga nantinya mendapatkan predikat haji mabrur,”ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut bupati Sidoarjo juga berpesan agar CJH menjaga kesehatan jasmani dan rohaninya. Pasalnya perjalanan haji cukup melelahkan. Terutama saat perjalanan di Armina untuk menjalankan rangkaian ibadah haji. CJH akan melakukan wukuf di Araffa, kemudian menempuh perjalanan ke Muzdalifa dan Mina untuk mabid dan melempar jumroh. Setelah itu kembali lagi ke Masjidil Haram untuk melaksanskan tawaf ifadah dan tawaf wada.

“Jagalah stamina masing-masing dengan makanan yang bergizi, banyak makan buah-buahan, minum air zam-zam bagus sekali, dan jangan lupa bawa obat-obatan yang biasa diminum,”pesannya.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga berpesan kepada CJH untuk mendoakan Kabupaten Sidoarjo terbebas dari musibah. Selain itu H. Saiful Ilah juga meminta untuk mendoakan dirinya agar nantinya dapat mengakhiri sisa jabatannya dengan husnul khotimah. Nantinya para CJH untuk dapat bertafakur ditempat-tempat yang mustajabah untuk memanjatkan doa.

“Dan sampean doakan, saya ini tinggal satu tahun setengah memimpin Kabupaten Sidoarjo, semoga saya memimpin Sidoarjo ini sampai selesai dengan husnul khotimah,”pintanya yang diamini seluruh jamaah haji.

Kepala Kantor Kementerian Agama Sidoarjo H. Achmad Rofi’i mengatakan Kloter 85 akan terbang jam 12 malam dini hari ke Arab Saudi. Oleh karenanya jam 8 malam nanti para CJH sudah harus keluar dari asrama haji menuju bandara Juanda Surabaya.

“Kloter 85 ini cepat, tidak pakai menginap, nanti jam 8 malam diberangkatkan,”ucapnya.

H. Achmad Rofi’i juga mengatakan seluruh visa haji para CJH asal Sidoarjo sudah rampung semua. Dari mulai pemberangkatan Kloter pertama sampai terakhir kali ini, visa CJH Sidoarjo sudah selesai. Bahkan Kloter asal Sidoarjo yang telah diberangkatkan di asrama haji Sukolilo Surabaya telah berada di Arab Saudi.

“Alhamdulillah tidak ada satupun visa yang belum selesai dan semuanya bisa diberangkatkan ke Arab Saudi,”ucapnya.

Menurut H. Achmad Rofi’i, Kloter 85 kali ini merupakan Kloter yang unik. Terdapat CJH yang sehari-harinya berjualan lontong yanh mampu menunaikan ibadah haji. Selain itu juga terdapat CJH yang pekerjaannya sebagai tukang tambal ban yang tahun ini mampu berangkat haji. Pada Kloter terakhir kali ini juga banyak di isi CJH dengan kursi roda. Jumlahnya mencapai 20 orang. Selain faktor usia, faktor sakit yang menyebabkan CJH tersebut menjalankan ibadah haji dengan kursi roda. Oleh karenanya dalam pemberangkatan CJH Kloter 85 ke asrama haji Sukolilo pagi tadi disediakan beberapa ambulance oleh Pemkab Sidoarjo.

Dalam kesempatan tersebut bupati Sidoarjo secara simbolis memakaikan seragam haji khas Sidoarjo kepada 3 orang CJH. Seragam haji tersebut merupakan sovenir dari Pemkab Sidoarjo yang gratis diberikan kepada seluruh CJH asal Sidoarjo. Selain itu Pemkab Sidoarjo juga memberikan akomodasi gratis berupa bus untuk pemberangkatan CJH ke asrama haji Embarkasi Sukolilo Surabaya. Fasilitas tersebut menjadi pelayanan rutin Pemkab Sidoarjo kepada seluruh CJH Sidoarjo yang berangkat tiap tahunnya. (sigit/kominfo)

No More Posts Available.

No more pages to load.